![]() |
fungsi ramalan penjualan tugas 1 nella mutia larasati |
Fungsi dari adanya ramalan
penjualan di suatu perusahaan yakni manajemen perusahaan akan dapat melangkah
kedepan dengan lebih pasti.Atas dasar ramalan penjualan yang disusun ini
manajemen perusahaan akan dapat memperoleh gambaran tentang keadaan masa depan
perusahaan. Gambaran keadaan penjualan pada waktu yang akan datang ini sangat
penting bagi manajemen perusahaan, karena kebijakan perusahaan akan sangat
dipengaruhi oleh besarnya penjualan produk perusahaan tersebut.
DEFINISI
DAN CARA MENYUSUN RAMALAN PENJUALAN MENURUT WINARDI
definisi ramalan penjualan tugas 1 nella mutia larasati |
Adapaun definisi ramalan
penjualan menurut Winardi (1991,220) definisi
ramalan penjualan adalah Suatu Perkiraan tentang penjualan selama
sebuah periode masa yang akan datang, yang ditetapkan perkiraan mana dikaitkan
dengan sebuah rencana pemasaran yang disusulkan, dan yang berisikan sejumlah
kekuatan-kekuatan yang tidak dikuasai serta kekuatan-kekuatan kompetitif.
Adapun cara-cara menyusun ramalan
penjualan yang dikemukakan oleh Winardi (1991; 222) yakni sebagai berikut:
1.
Survei
Tentang Keinginan Pembeli.
2.
Pengumpulan
Pendapat Para Karyawan Bidang penjualan
3.
Pandangan
Para ahli
4.
Metode
Pengetesan Pesan
5.
Proteksi
Penjualan Masa Lampau
6.
Ramalan
tentang Industri dan Prosentase Pangsa Pasar
7.
Analisa
Tentang Produk Yang Sedang Digunakan
8.
Analisa
Seri Waktu
9.
Analisa
Permintaan secara Statistik
10. Peramalan
Secara
11. Analisa
Korelasi
12. Konstruksi
Model Econometric
Dalam menjalankan usahanya perusahaan biasanya melakukan 2 pendekatan, yakni
1. Speculative Approach (pendekatan spekulasi )
Dalam pendekataan speculative
Approach ini perusahaan tidak memperhitungkan resiko yang diakibatkan oleh
ketidak-pastian faktor-faktor intern dan ekstern.
2. Calculated Risk Approach ( pendekatan
penghitungan risiko )
Dan apabila pendekatan calculated
risk approach ini perusahaan secara aktif melakukan estimasi terhadap resiko
yang diakibatkan oleh ketidak-pastian faktor-faktor ekstern dan intern.
Hubungan Peramalan dengan Rencana
![]() |
hubungan ramalan dengan rencana tugas 1 nella mutia larasati |
Sejatinya ramalan dengan rencana sendiri dapat dikatakan mempunyai
sifat yang berbeda. Dimana ramalan merupakan apa yang akan terjadi pada
waktu yang akan datang sedangkan
rencana merupakan penentuan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan
datang.
Ramalan
penjualan menjadi suatu alat yang dapat mempengaruhi manajer dalam membuat rencanaan
penjualan.Dalam rencana penjualan,perusahaan memasukkan keputusan manajemen
berdasar hasil ramalan,masukkan lain dan kebijakan manajemen tentang hal-hal
yang berkaitan dapat diambil contoh yakni volume penjualan, harga,usaha penjualan,produksi,dan
biaya-biaya
ADAPUN KENDALA-KENDALA YANG ADA DALAM SISTEM RAMALAN
PENJUALAN
![]() |
kendala-kendala ramalan penjualan tugas 1 nella mutia larasati |
a) Waktu
yang diperlukan untuk melakukan persiapan melakukan peramalan.
b)
Kurangnya data yang relevan, baik dari sumber internal maupun eksternal.
c) Kualitas data-data yang tersedia
d) Fasilitas pengolahan data dan tenaga ahli
Dari ke empat
kendala tersebut yang paling berpengaruh pada kualitas data sendiri yakni waktu
yang diperlukan untuk melakukan peramalan, kurangnya data yang relevan dan
kualitas data yang tersedia. Sedangkan kendala seperti yang disebutkan diatas
yakni fasilitas pengolahan data dan tenaga ahli lebih banyak
bergantung pada kebijakan pengalokasian dana untuk kepentingan forecasting.
c) Kualitas data-data yang tersedia
d) Fasilitas pengolahan data dan tenaga ahli
Komentar
Posting Komentar