Langsung ke konten utama

RAMALAN PENJUALAN

fungsi ramalan penjualan
tugas 1
nella mutia larasati

Fungsi dari adanya ramalan penjualan di suatu perusahaan yakni manajemen perusahaan akan dapat melangkah kedepan dengan lebih pasti.Atas dasar ramalan penjualan yang disusun ini manajemen perusahaan akan dapat memperoleh gambaran tentang keadaan masa depan perusahaan. Gambaran keadaan penjualan pada waktu yang akan datang ini sangat penting bagi manajemen perusahaan, karena kebijakan perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh besarnya penjualan produk perusahaan tersebut.
DEFINISI DAN CARA MENYUSUN RAMALAN PENJUALAN MENURUT WINARDI
definisi ramalan penjualan
tugas 1
nella mutia larasati

Adapaun definisi ramalan penjualan menurut  Winardi (1991,220) definisi ramalan penjualan adalah Suatu Perkiraan tentang penjualan selama sebuah periode masa yang akan datang, yang ditetapkan perkiraan mana dikaitkan dengan sebuah rencana pemasaran yang disusulkan, dan yang berisikan sejumlah kekuatan-kekuatan yang tidak dikuasai serta kekuatan-kekuatan kompetitif.
Adapun cara-cara menyusun ramalan penjualan yang dikemukakan oleh Winardi (1991; 222) yakni sebagai berikut:
1.    Survei Tentang Keinginan Pembeli.
2.    Pengumpulan Pendapat Para Karyawan Bidang penjualan 
3.    Pandangan Para ahli
4.    Metode Pengetesan Pesan 
5.    Proteksi Penjualan Masa Lampau
6.    Ramalan tentang Industri dan Prosentase Pangsa Pasar
7.    Analisa Tentang Produk Yang Sedang Digunakan
8.       Analisa Seri Waktu
9.      Analisa Permintaan secara Statistik
10.   Peramalan Secara 
11.    Analisa Korelasi
12.   Konstruksi Model Econometric

Dalam menjalankan usahanya perusahaan biasanya melakukan 2 pendekatan, yakni
1.    Speculative Approach (pendekatan spekulasi )
Dalam pendekataan speculative Approach ini perusahaan tidak memperhitungkan resiko yang diakibatkan oleh ketidak-pastian faktor-faktor intern dan ekstern.

2.    Calculated Risk Approach ( pendekatan penghitungan risiko )
Dan apabila pendekatan calculated risk approach ini perusahaan secara aktif melakukan estimasi terhadap resiko yang diakibatkan oleh ketidak-pastian faktor-faktor ekstern dan intern.
Hubungan Peramalan dengan Rencana
hubungan ramalan
dengan rencana
tugas 1
nella mutia larasati

       Sejatinya ramalan dengan rencana sendiri dapat dikatakan mempunyai sifat yang berbeda. Dimana ramalan merupakan apa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang sedangkan rencana merupakan penentuan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang.
Ramalan penjualan menjadi suatu alat yang dapat mempengaruhi manajer dalam membuat rencanaan penjualan.Dalam rencana penjualan,perusahaan memasukkan keputusan manajemen berdasar hasil ramalan,masukkan lain dan kebijakan manajemen tentang hal-hal yang berkaitan dapat diambil contoh yakni volume penjualan, harga,usaha penjualan,produksi,dan biaya-biaya
ADAPUN KENDALA-KENDALA YANG ADA DALAM SISTEM RAMALAN PENJUALAN


kendala-kendala ramalan penjualan
tugas 1
nella mutia larasati

a)    Waktu yang diperlukan untuk melakukan persiapan melakukan peramalan.
b)    Kurangnya data yang relevan, baik dari sumber internal maupun eksternal.
c)    Kualitas data-data yang tersedia
d)    Fasilitas pengolahan data dan tenaga ahli
Dari ke empat kendala tersebut yang paling berpengaruh pada kualitas data sendiri yakni waktu yang diperlukan untuk melakukan peramalan, kurangnya data yang relevan dan kualitas data yang tersedia. Sedangkan kendala seperti yang disebutkan diatas yakni fasilitas pengolahan data dan tenaga ahli lebih banyak bergantung pada kebijakan pengalokasian dana untuk kepentingan forecasting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN ANGGARAN BAHAN BAKU

NAMA KELOMPOK NELLA MUTIA LARASATI SONI IRAWAN  MUHAMMAD DANIL FATUROHMAN 1. Anggaran Pemakaian Bahan Baku     Dalam penyusunan anggaran pemakaian bahan baku diperlukan data sebagai berikut :     - Anggaran produksi     - KSBB (Kuantitas Standar Bahan Baku) a) Kuantitas Standar Pemakaian Bahan Baku kuantitas standar pemakaian bahan baku nella soni danil Aggaran Kuantitas Standar (ks)Pemakaian Bahan Baku Jenis Kedelai Gula Merah Garam Bumbu Lainnya Total Botol Besar 23.677,800 71.033,400 4.735,560 5.919,450 105.366,210 Botol Kecil 24.225,750 72.677,250 4.845,150 6.056,438 107.804,588 Plastik Besar 34.302,560 102.907,680 6.860,512 8.575,640 152.646,392 Plastik Kecil 49.815,480 149.446,440 9.963,096 12.453,870 221.678,886 Total 132....

ANGGARAN PRODUKSI

PENGERTIAN ANGGARAN PRODUKSI tugas 3 nella mutia larasati Anggaran produksi adalah suatu perencanaan secara terperinci mengenai jumlah unit produk yang akan diproduksi selama periode yang akan datangyang didalamnya mencakup rencana mengenai jenis (kualitas), waktu (kapan) produksi akan dilaksanakan (Tendi haaruman: 2007) . Anggaran produksi disusun dengan memperhatikan semua kegiatan produksi yang yang diperlukan untuk menunjang anggaran penjualan yang telah disusun. Rencana produksi meliput penentuan produk yang harus diproduksi untuk memenuhi penjualan yang direncanakan dan memepertahankan tingkat persediaan barang jadi yang diinginkan. Anggaran produksi adalah perencanaan dan pengorganisasian sebelumnya mengenai orang-orang, bahan-bahan, mesin-mesin, dan peralatan lain serta modal yang diperlukan untuk memproduksi barang pada suatu priode tertentu dimasa depan sesuai dengan apa yang dibutuhkan atau diramalkan. MANFAAT MENYUSUN ANGGARAN PRODUKSI  tugas 3 nella mutia l...